Kamis, 22 Maret 2012

dari filosofi kopi sampai kupu-kupu


Pertama kali kenal nama Dee Lestari dari jalan-jalan ke gramed dan jatuh cinta sama Rectoverso. Barusan gw baca filosofi kopi. Bener-bener pencerahan. Yang gw tangkep dari cerita filosofi kopi adalah ya memang ga seharusnya manusia mengkotak-kotakan seseorang. Biarkan semuanya berjalan alami.
Based on pengalaman gw, gw pernah baca buku personality plus yang ngebahas tentang 4 tipe kepribadian. Nah karena bener-bener ngerasa wow, gw promosiin tuh buku beserta isinya ke temen-temen. Mereka juga sama takjubnya sama gw. Tapi.. lama-lama gw ngerasa ada yang ga pas. Temen-temen gw jadi sering banget menjudge seseorang dengan apakah mereka ini koleris, melankolis, sanguinis ataupun phlegmatic. Sebenernya ga masalah dengan itu semua, tapi kemudian semua berubah ketika akhirnya mereka melupakan siapa tokohnya dengan hanya berfokus kea pa tipe kepribadiannya. Banyak dari mereka juga yang salah mengartikan fungsi 4 tipe kepribadian itu. Mereka cenderung “ya karena kalian ngerti 4 tipe kepribadian, kalian harus ngertiin kekurangan gw dong” bukan dengan “gw ngerti 4 tipe kepribadian ini dan segala kekurangan gw, gw harus memperbaikinya”. Jadi deh semua pihak focus untuk minta dimengerti dan lupa untuk mengerti orang lain.
Mungkin ini yang namanya teori dan aplikasi itu harus balance. Gw tau 4 tipe kepribadian ini dari ekskul gw yang emang orientasinya ke character building. Disini gw ga Cuma diajarin teorinya, tapi juga aplikasinya, jadi ga salah paham. Beda dengan temen-temen gw yang Cuma baca bukunya. Mengerti tapi ga paham.
Gw jadi inget kisah yang pernah mb gw ceritain ke gw, tentang kepompong yang bermetamorfosa jadi kupu-kupu. Kadang semua itu memang harus dijalani dengan alami, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, tanpa bantuan siapa-siapa. Cukup action secara langsung. Back to kepompong, jadi saat calon kupu-kupu mau keluar dari kepompongnya, dia harus berjuang sendiri, tanpa bantuan yang lain. Kalau seandainya kita dengan maksud baik mau ngebantu dia dengan ngebantu ngerobek kepompongnya, kita bukan ngebantu kupu-kupu itu tapi kita justru ngebuat kupu-kupu itu jadi cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar